Selamat datag diBlog Saya, semoga bermanfaat

Rabu, 06 Februari 2013

Tips Aman Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Penyakit jantung dan stroke merupakan contoh penyakit yang salah satu penyebabnya adalah tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah salah satu upaya untuk menghindari berbagai macam penyakit berbahaya.
Berikut ini kami akan membagikan tips menurunkan kadar kolesterol jahat, diantaranya adalah sebagai berikut :
menurunkan kadar kolesterol jahat
1. Menghindari makanan berkolesterol tinggi
            Sedikitnya makanan berkolesterol tinggi dibedakan menjadi tiga, yaitu makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol. Lemak jenuh banyak terdapat pada daging terutama di bagian lemaknya atau yang biasa disebut gajih dan lemak serta kulit ayam. Sedangkan lemak trans adalah lemak yang dibuat dengan proses hidrogenasi yaitu memanaskan minyak nabati cair di dalam gas hidrogen dan katalis tertentu. Lemak trans biasa terdapat pada makanan kemasan dan makanan cepat saji di restoran. Lemak trans lebih buruk dibandingkan lemak jenuh. Dan yang terakhir adalah kolesterol. Sebenarya kolesterol yang terkandung pada makanan tidak seberbahaya lemak jenuh dan lemak trans, tetapi konsumsi yang berlebihan memberikan efek negatif bagi tubuh. Kolesterol biasa terdapat pada kuning telur, telur puyuh, hati dan jeroan.
2. Memperbanyak konsumsi makanan penurun kolesterol
            Minyak zaitun, minyak kelapa virgin dan minyak ikan adalah musuh bagi kolesterol jahat dalam tubuh. Jenis minyak ini terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Teh hijau, alpukat, buah delima, ekstrak bawang putih, dan superfood seperti klorela, spirulina, ganggang laut adalah jenis makanan yang juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.
3. Berhenti merokok
            Merokok pada dasarnya memang tidak mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Tetapi merokok dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan. Merokok merusak pembuluh darah, berkontribusi pada pengerasan pembuluh darah dan menjadi faktor penyebab utama dari berbagai macam penyakit degeneratif termasuk penyakit jantung dan stroke.
4. Meningkatkan olahraga
            Dari berbagai tips menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, nampaknya olahraga sering kali diabaikan, padahal rutin berolahraga minimal 30 menit dalam sehari terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Jika Anda ingin sehat, maka rutin berolahraga adalah resep yang paling ampuh dibandingkan obat apapun.
5. Bersantai
            Bersantai adalah cara menghilangkan stress terbaik. Tidak dapat dipungkiri stress menjadi salah satu faktor utama penyebab berbagai masalah kesehatan termasuk peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh. Maka untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh diperlukan waktu bersantai untuk menghilangkan rasa stress.
Demikian tips menurunkan kadar kolesterol jahat yang kami harapkan dapat membantu menghindari berbagai macam penyakit akibat kolesterol jahat tinggi dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar