Selamat datag diBlog Saya, semoga bermanfaat

Rabu, 06 Februari 2013

Lima Langkah Mudah Membuat Resep Makanan Sehat

Apakah Anda seorang ibu yang gemar memasak? Memasak adalah salah satu kegemaran bukan hanya untuk para wanita melainkan juga untuk para pria. Saat memasak, kebanyakan dari kita sering kali hanya menilai masalah rasa, padahal makanan yang baik selain menarik untuk dimakan, seharusnya juga memiliki nilai nutrisi yang seimbang. Bagaimana cara membuat resep makanan sehat?
resep makanan sehat
Berikut ini kami akan membagikan lima langkah mudah membuat resep makanan sehat, diantaranya adalah :
1. Mengurangi porsi
            Saat membuat makanan atau minuman, mungkin banyak diantara kita yang takut mengurangi porsi. Padahl jika kita tahu caranya, mengurangi atau mengubah porsi tidak akan berpengaruh pada rasa. Sebagai contoh, untuk mengurangi porsi gula halus pada roti, kita bisa mengganti porsi gula yang seharusnya dimasukkan ke dalam adonan menjadi ditaburkan sedikit saja saat penyajian. Cara ini akan tetap memberikan rasa manis, walau porsinya telah dkurangi.
2. Mengganti dengan bahan lain
            Menggunakan bahan pengganti, selain mengubah kandungan nutrisi menjadi lebih seimbang ternyata juga dapat memberikan rasa yang lebih lezat dan khas. Sebagai contoh, mengganti minyak goreng atau mentega biasa dengan minyak zaitun atau minyak nabati lain yang bisa membuat asakan menjadi lebih nikmat dan sedap.
3. Menghapus bahan
            Menghapus bahan bertujuan mengurangi sejumlah besar natrium, gula, lemak, dan kalori yang biasanya banyak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Sebagai contoh, menghapus gula tabur, sirup, jeli, mentega dan lain sebagainya pada makanan ringan Anda.
4. Mengganti metode masak
            Dibandingkan menggoreng, metode masak seperti mengukus, merebus, memanggang dan membakar dinilai lebih sehat. Metode masak sehat tersebut juga tidak kalah lezatnya dibandingkan dengan hasil makanan yang digoreng.
5. Mengubah ukuran porsi
            Jika Anda tidak bisa mengurangi porsi, mengganti dengan bahan lain yang lebih sehat, dan dua langkah lainnya, maka solusi terakhir yang dapat Anda tempuh adalah mengubah ukuran porsi makan Anda. Selama Anda makan dalam ukuran porsi yang normal, maka Anda akan tetap sehat. Makan berlebihan justru tidak baikuntuk kesehatan.
Demikian lima langkah mudah membuat resep makanan sehat yang kami harapkan dapat membantu Anda menyajikan makanan lezat baik dari segi rasa maupun dari segi keseimbangan nutrisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar