Sample Aplikasi App Inventor : WildLifeShow
WildLifeShow
Ini adalah terjemahan bebas dari
tutorial dari situs appinventorblocks , filosofi reused kita pakai disini biar hemat waktu, so silahkan untuk mempelajarinya :)
Pada projek WildLifeShow ini kita berlatih belajar App Inventor
sederhana, dengan nama aplikasinya WildLifeShow, sebuah aplikasi
sederhana untuk melihat gambar dan
juga mengeluarkan suara. Jadi kita akan berlatih bagaimana memasukkan
gambar,
menggunakan tombol/button, dan juga menangani suara/sound.
1. Klik pada tombol New
2. Beri nama projek, disini akan kita namakan WildLifeShow
3. Drag komponen VerticalArrangement
ke layar Screen1, ini akan kita gunakan untuk mendisplay gambar
4. Kita bisa mengatur
properti dari komponen VerticalArrangement1 yang kita tempatkan pada screen, Width berarti lebar, kita set penuh,
sedangkan tingginya 350 pixel, tidak penuh satu layar karena kita akan
menempatkan tombol pada layar
5. Drag komponen Image, dan
masukkan kedalam komponen VerticalArrangement1
Get a Label component and place it below VerticalArrangement1.
Take note of the name of our Label component which is automatically set
to Label1.
6. Masukkan komponen Label,
ini untuk teks keterangan
7. Properti dari label yang
kita seting , yaitu font bold, kemudian teks “Tap On A Button To Hear Them”
, posisi teks Center, warna dari
teks biru, dan Width Fill parent
8. Sekarang kita masukkan
komponen HorizontalArrangement
, yang akan kita gunakan untuk menempatkan tombol.
9. Masukkan tiga
buah tombol/ button kedalam HorizontalArrangement1
10. Seting properti dari tombol :
- § Teks Button1 : Elephant, Width : Fill parent, TextAligment ke Center dan Font Bold
- § Teks Button1 : Bird, Width : Fill parent, TextAligment ke Center dan Font Bold
- § Teks Button1 : Penguin, Width : Fill parent, TextAligment ke Center dan Font Bold
11. Karena kita akan
menggunakan suara, maka ambil komponen Player dan masukkan di Screen1 bebas dimanapun,.
Karena merupakan komponen non-visible, komponen Player secara otomatis akan
ditempatkan dibawah jendela Screen1.
.
12. Sekarang kita akan
merubah title Screen1 ke WildLifeShow
.
13. Sekarang kita akan
masukkan file gambar dan suara kedalam projek, dari menu media, upload
file-file tersebut satu persatu.
14. Sehingga akan terlihat
seperti ini :
15. Kita telah selesai pada
tahap mendesain komponen, sekarang kita akan memberikan behaviour agar
komponen-komponen tersebut bisa berfungsi. Klik pada Open the Block Editor
16. Tunggu beberapa saat,
hingga muncul jendela Block Editor. Pada tab My Blocks, akan terlihat
komponen-komponen apa saja yang sudah kita tempatkan pada jendela desainer.
Sekarang kita akan mensetting fungsi tombol, yaitu pada Button1.
17. Secara fungsi kita
menginginkan ketika tombol 1 ditekan maka gambar pertama akan muncul, maka
ambil dari block set Image1.picture pada komponen image. Kemudian tempatkan
didalam block Button1.Click yang ada.
18. Ini baru block pemanggil
gambar, sedangkan gambarnya sendiri dgn nama elephant.png, maka dari tab
Built-in ambil block text, masukkan kedalam block set Image1.Picture.
Selanjutnya set teks ke elephant.png, untuk mengacu pada gambar yang telah kita
siapkan.
19. Langkah selanjutnya, karena
kita juga menginginkan ketika tombol diklik terdapat suara, maka tempatkan blok
set player1.source to, tempatkan block acuan suara elephant.wav. Dan terakhir, pasang
block player1.start, block ini adalah ketika tombol Button1 ditekan maka akan
menyalakan suara yang kita set.
20. Lakukan langkah-langkah tersebut untuk, tombol 2 dan
tombol 3 , sehingga akan terlihat seperti ini
21. OK, sudah selesai, package ke phone, baik emulator
maupun langsung dicoba ke handphone, apabila ke emulator kita harus memulai
emulator terlebih dahulu, dari menu New Emulator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar